Pages

Senin, 30 Desember 2013

Cara Merespons Sebagai Pemilik Bisnis yang Cerdas


Tak seorangpun yang memiliki semua jawaban. Sebagai pemi pin atau anggota tim, kemungkinan besar Anda memiliki pemahaman terbaik mengenai kebutuhan Anda agar berhasil. Oleh karena itu, langsung saja ke pokok persoalannya.
Apabila ragu-ragu, jadilah orang yang cerdas dan bertindak seolah-olah Anda adalah pemilik bisnis

Menjadi Pemilik Bisnis yang Cerdas
ü Segera terlibat sekarang
ü Memahami “Gambaran Besar”
ü Mengklarifikasi harapan manajemen
ü Menetapkan rancana dan tujuan
ü Mengelola pekerjaan secara efektif dan efisien
ü Memberikan solusi
ü Membantu orang lain
ü Tetap fleksibel


Segera terlibat sekarang
Segeralah bertindak, jangan menunggu orang lain bertindak atau meminta anda untuk bertindak. Keterlibatan anda yang langsung dan segera sangat penting sebagai upaya peningkatan terus – menerus untuk menuju keberhasilan, dan semangat anda akan segera menular ke anggota lain
Anda bisa meminimalkan masalah dengan cara melibatkan semua anggota tim daalam koordinasi transisi tim. Anda juga bisa mengurangi kebingungan danperlawanan. Bantulah anggota tim untuk selalu mendapatkan informasi mengenai segala hal yang sedang terjadi dan yang akan dihadapi.

Memahami “ gambaran besar “
Untuk membuat keputusan bisnis yang mantap, anda perlu mengetahui arah organisasi dan alas an yang mendasarinya. Lakukan beberapa penelitian, dan gunakan pengaruh anda.
Cari tahu masalah kesehatan dan masa depan industtri, organisasi, dan tim anda. Cari rencana strategis Visi, misi, tujuan dan sasaran yang bisa memberikan wawasan yang anda betuhkan daimasa mendatang.

Mengklarifikasi harapan manajemen
Pada tahap ini, anda bekerja bersama dan meminta arahan dari management dalam membuat keputusan mengenai perubahan peran dan tanggung jawab. Sebagai contoh, bertanyaalah kepada pemimpin tim mengenai apa yang diinginkannya dalam menangani keputusan yang sedang digodog ketika tidak ada waktu untuk mennyelenggarakan meeting.
Dukungan management sangat penting sehingga anggota tim harus proaktif dalam meminta dukungan management.

Menetapkan rencana dan tujuan
Kunci keberhasilan dalam mentransisi tim adalah merencanakan dengan visi. Tidak perlu menunggu orang lain untuk membuat perencanaanyang lengkap, bersegeralah menciptakan dan mengimplementasikan rencana transisi berdasarkan tim. Tetapi, berubahnya jangan sekedar berubah, anda harus memiliki tujuan, dan harus tahu apa yang harus dicapai.
Terdapat banyak teknik dan pertimbangan untuk merencanakan transisi organisasional yang akan meminimalkan kebingngan dan frustasi yang sering terjadi diperusahaan.
Dengan mengimplementasikan pendekatan yang sistematis untuk transisi tim, anda bisa memaksimalkan perlakuan semua karyawan sebagai sumber daya yang bernilai dan meminimalkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengelola pekerjaan secara efektif dan efisien
Semua transisi bisa membuka pintu peluang sekaligus pintu JEBAKAN. Hadapi masalah tersebut dengan mengidentifikasi peluang yang ada dan cara memanfaatkannya.
Rencanakan dan negoisasikan bantuan yang dibutuhkan. Atur kembali penugasan kewajiban-kewajiban tim untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan perubahan. Alokasikan waktu dan sumber daya dengan perhitungan untung rugi yang cermat.

Memberi solusi
Management tidak memiliki semua jawaban selama masa perubahan organisasi. Hal ini bukan berarti kita tidak menghargai mereka, tetapi kita hanya bersikap realistis . Tangan mereka sudah penuh dengan strategi dan prioritas operasi. Meskipun demikian, tidak ada salahnya anda member gagasan-gagasan baru.
Dengan hanya mengajukan pertanyaan, sangat sulit untuk menghasilkan jawaban dalam jangka pendek. Oleh karena itu, setiap persoalan atau pertanyaan yang diajukan, sertakan pula saran, rekomendasi, atau solusi.
Gagasan mana yang akan paling menarik perhatian memejemen? Gagasan mengenai peningkatan proses yang merampingkan operasi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya tim.

Membantu orang lain
Selalu bersikap terbuka dan positif ketika menangani tanggungjawab tambahan dalam periode transisi. Bersedialah membantu orang lain apabila dibutuhkan. Jangan mengharap imbalan dalam jangka pendek.
Hal yang terpenting, jika anda tidak dipromosikan dan anda tidak menuntut, upaya anda akan diperhatikan dan diingat.

Tetap fleksibel
Anggota tim memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda – beda (seringkali sering bertentangan) dan pada awalnya kepentingan mereka tidak tampak jelas. Oleh karenanya, bersikaplah sensitive dan sabar ketika membahas masalah tersebut.
Karena tidak sseorangpun dapat mengantisipasi semua hal, jangan berusaha untuk menciptakan “ rencana yang sempurna “, “ draf final “atau sesuatu yang tidak akan diubah lagi. Semuanya itu akan berubah lagi. Bisa jadi besok pagi. Dan yang anda butuhkan adalah proses untuk menangani perubahan ketika tim anda terus berusaha meraih tujuan dan keinginan untuk melakukan apa saja agar semua berjalan dengan lancer
Bersikaplah toleran terhadap pertanyaan dan kesalahan. Setiap orang akan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari harapan baru, system baru, dan keterampilan baru. Jika seseorang membuat kesalahan, tetapi menunjukkan inisiatif, hargailah upaya tersebut dan diskusikan cara untuk menangani situasi yang berbeda dimasa mendatang.




0 komentar:

Posting Komentar